Penjelasan Alat Pernapasan Pada Hewan

Penjelasan Alat Pernapasan Pada Hewan – Pada manusia alat pernapasan hanya ada satu yaitu paru paru. Sedangkan untuk hewan ada bermacam macam seperti dengan insan, kulit, trakea, paru-paru dan kantong udara.

Dibawah ini adalah macam-macam alat pernapasan pada hewan:

1. Alat Pernapasan Hewan pada Burung

Burung bernapas dengan paru – paru. Burung mempunyai alat pernapasan yaitu pundi – pundi (kantong) udara. Pundi – pundi udara berguna untuk menyimpan udara pada waktu terbang.

Proses pernapasan burung adalah sebagai berikut: Hidung, tenggorokan, pundi – pundi udara, paru – paru. Ketika terbang pernapasan burung berasal dari udara yang tersimpan dalam pundi – pundi udara, dan ketika tidak burung mengisi pundi – pundi udaranya.

2. Alat Pernapasan Hewan pada Ikan

Ikan bernapas menggunakan insang yang berjumlah empat pasang lengkung insang. Masing-masing lengkung mempunyai dua baris filamen yang tersusun atas lempengan pipih yang bisasa disebut dengan lamela. Lamela sendiri meningkatkan luas permukaan respirasi yang tersusun atas membran tipis dan juga banyak mengandung jaringan kapiler pembuluh darah berada tepat dibawahnya.

Sebagian besar ikan memiliki insang internal, karena ditutupi oleh operkulum sehingga tak tampak dari luar. Semua jenis ikan bertulang keras (ikan mas, gurame, dll) memiliki operkulum. Sedang beberapa ikan memiliki tipe insang eksternal karena tidak memiliki penutup insang (operkulum) sehingga celah insangnya tampak dari luar, seperti pda hiu, pari.

3. Alat Pernapasan HewanReptil

Reptil seperti ular, buaya, kadal, cecak dan buaya bernapas mengunakan paru – paru. Udara yang masuk melalui hidung kemudian masuk ke batang tenggorokan lalu menuju ke paru – paru.

4. Alat Pernapasan Hewan Amfibi (Katak)

Metamorfosis katak meliputi: telur, berudu (cebong), katak muda dan katak dewasa. Berudu bernafas dengan insang. Katak muda dan katak dewasa bernapas dengan paru – paru dan kulit.

5. Alat Pernapasan Hewan Serangga

Serangga bernapas dengan trakea. Trakea adalah pembuluh – pembuluh halus yang bercabang yang memenuhi seluruh bagian tubuh serangga dan bermuara pada stigma. Stigma adalah lubang yang terletak di sisi tubuh bagian kiri-kanan. Stigma berfungsi sebagai tempat keluar masuknya udara.

6. Alat Pernapasan Hewan Cacing

Cacing tidak mampunyai alat pernapasan khusus, cacing bernapas melalui permukaan kulit tubuhnya yang basah.

7. Alat Pernapasan Hewan Mamalia

Semua hewan mamalia, baik mamalia darat maupun mamalia air bernapas dengan paru – paru. Seekor lumba – lumba dan paus mengeluarkan kepalanya ke permukaan air untuk menghirup udara dan setelah lama menyelam kembali ke permukaan air untuk menghembuskan udara lembab dan hangat dari paru – paru.

Baca yang lainya

Pencarian yang populer

  • alat pernapasan hewan
  • alat pernapasan pada hewan
  • pernapasan pada hewan
  • pernapasan hewan
  • organ pernapasan hewan
  • burung bernapas dengan
  • alat pernafasan hewan
  • organ pernapasan pada hewan
  • ular bernapas dengan
  • alat pernapasan burung