Home / Pendidikan / Pengertian Arti Manajemen Menurut Para Ahli

Pengertian Arti Manajemen Menurut Para Ahli

by Rodadunia
pengertian manajemen

Pengertian Manajemen – Kata MANAJEMEN sudah tidak asing lagi di telinga. Mungkin ada yang membayangkan: manajemen adalah pekerjaan kantoran, diperusahaan: pakaian rapi, berdasi, sepatu mengkilap dan naik mobil bagus. Juga punya bawahan. Yang bisa disuruh suruh. Seperti di film-film itu. Di televisi itu.

Sebenarnya, itu tidak salah. Tapi, manajemen: lebih luas dari sekedar itu. Saking luasnya: ada disemua bidang. Ada disetiap waktu. Dan tanpa sadar, anda telah mempraktekkannya: setiap hari. Bahkan hari ini: saat ini juga. Saat anda membaca tulisan ini. Sadar?

Apa itu manajemen ?

Pengertian Manajemen

Definisi manajemen adalah ini: dari kata “Manage”. Artinya: mengelola/mengurus, mengendalikan, mengusahakan dan juga memimpin.

Lihatlah: anda membaca artikel ini. Artinya anda mencari: arti manajemen. Anda mengusahakan untuk tahu: apa itu manajemen. Caranya: anda cari via internet. Dan membacanya ditulisan ini.

Stepnya:

  1. Anda punya tujuan: mencari tahu arti manajemen.
  2. Anda punya rencana: mencari tahu di internet
  3. Anda punya aksi: baca tulisan ini
  4. Anda punya evaluasi: jika tulisan ini tidak memuaskan: baca tulisan lain. Di blog lain.
  5. Anda punya tujuan: tahu pengertian manajemen.

Lihatlah stepnya: mungkin anda tidak sadar. Kalau ternyata: membaca tulisan inipun. Anda sudah mengaturnya. Mempraktekkan ilmu manajemen.

Memang, ini cuma hal kecil: membaca. Tapi ilmu manajemen -setidaknya- mirip seperti itu. Manajemen adalah ilmu mengatur. Mengatur sesuatu, untuk mencapai tujuan.

Contoh tadi hanya lingkup kecil. Semakin besar masalahnya: semakin besar lingkup manajemennya. Seperti ilmu manajemen modern. Yang ingin anda tahu. Yang diperusahaan perusahaan besar itu. Seperti yang di televisi itu. Yang pakai dasi rapi itu.

Simak pengertian manajemen yang lebih lengkap ini:

“Manajemen adalah sebuah proses dalam rangka untuk mencapai suatu tujuan organisasi dengan cara bekerja secara bersama sama dengan orang – orang dan sumber daya yang dimiliki organisasi.”

Ya, secara sederhana pengertian manajemen bisa ditulis seperti itu.

Bagaimana definisi manajemen menurut para ahli ?

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Mary Parker F.

“Pengertian manajemen adalah sebagai suatu seni, tiap tiap pekerjaan bisa diselesaikan dengan orang lain.”

George R. Terry

” Definisi Manajemen merupakan ilmu sekaligus seni, manajemen adalah wadah didalam ilmu pengetahuan, sehingga manajemen bisa dibuktikan secara umum kebenarannya.”

Koontz

“Manajemen adalah suatu seni yang produktif yang didasarkan pada suatu pemahaman ilmu.”
Koontz menambahkan, ilmu dan seni tidaklah bertentangan, namun masing masing saling melengkapi.

Stoner

“Ilmu Manajemen merupakan proses dalam membuat suatu perencanaan, pengorganisasian, pengendalian serta memimpin berbagai usaha dari anggota organisasi dan juga menggunakan semua sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.”

Wilson

” Manajemen adalah sebagai sebuah rangkaian tindakan yang dilakukan oleh para anggota organisasi dalam upaya mencapai sasaran organisasi. Proses merupakan suatu rangkaian aktivitas yang dijalankan dengan sistematis.”

Oey Liang Lee

” Arti Manajemen adalah ilmu dan seni perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan serta pengendalian (pengawasan) dari sumber daya perusahaan dalam upaya mencapai tujuan yang diinginkan.”

Lawrance A Appley

” Manajemen adalah sebuah seni dalam mencapai tujuan yang diinginkan yang dilakukan dengan usaha orang yang lain.”

Masih kurang? masih banyak ahli atau pakar yang lain, dengan susunan kata kata yang berbeda, namun benang merahnya masih tetap sama.

Manajemen adalah ilmu serta seni dalam menjalankan aktivitas suatu organisasi.

Aktivitas tersebut bisa berupa pengorganisasian yang meliputi : Perencanaan – Penyusunan – Pengusahaan – dan Pengawasan dengan mengerahkan semua sumber daya yang dimiliki oleh organisasi supaya tujuannya terealisasi.

Contoh kalau dalam sebuah perusahaan, tujuannya adalah LABA, dan pada organisasi pemerintahan tujuannya adalah pemaksimalan layanan publik dll.

Manfaat Apa yang Bisa Diperoleh dari Manajemen

Manajemen seolah menjadi hal yang wajib untuk dijalankan dengan sebaik baiknya dalam sebuah perusahaan. Apa saja manfaat yang didapatkan dengan menerapkan ilmu manajemen yang baik?

Berikut diantaranya:

  1. Perusahaan bisa mendapatkan hasil yang maksimal dengan sumber daya yang dimiliki.
  2. Manajemen akan memudahkan setiap individu maupun kelompok dalam perusahaan untuk menyajikan dan menjalankan seluruh kerangka kerja yang efektif.
  3. Mengalokasikan dan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki secara efektif
  4. Kerangka kerja dalam jangka waktu yang panjang bahkan yang pendek disusun secara detail dan bisa dijalankan dengan mudah
  5. Menumbuhkan sikap profesional disetiap individu pada perusahaan dengan memberikan kepercayaan dalam menjalankan tugas yang diberikan.
  6. Merancang strategi untuk mencapai tujuan secara efektif, rasional, sistematis dan bisa dijalankan dengan mempertimbangkan semua aspek yang terhubung.

Proses Fungsi Manajemen: Bagaimana Manajemen Bisa Berjalan?

Menurut teori yang umum dijadikan acuan, ada 4 fungsi manajemen yang dikenal dengan istilah POAC (Planning – Organizing – Actuating – Controlling) yang dibutuhkan dan dijalankan dalam kegiatan manajemen.

1. Fungsi Perencanaan

Perencanaan adalah sebuah proses mendifinisikan tujuan dari organisasi, menyusun strategi untuk mencapai tujuan yang ditetapkan tersebut dan merancang aktivitas kerja organisasi tersebut.

Perencanaan bisa diartikan upaya dalam mengantisipasi adanya kecenderungan di masa mendatang dan penentuan sebuah strategi yang tepat agar bisa merealisasikan tujuan organisasi.

2. Fungsi Pengorganisasian

Pengorganisasian adalah proses yang meliputi bagaimana strategi yang sudah dirumuskan pada saat tahap perencanaan digambarkan pada sebuah struktur organisasi yang tangguh, sesuai, dan lingkungan yang kondusif.

Pengorganisasian bisa memberikan kepastian bahwa pihak pihak yang berada dalam organisasi bisa bekerja bersama sama dengan efektif dan efisien.

3. Fungsi Pengarahan

Pengarahan adalah tahap dimana program diimplementasikan supaya bisa dilakukan oleh seluruh pihak yang terlibat dalam sebuah organisasi.

Pengarahan sebuah upaya dalam memotivasi pihak pihak tersebut agar bisa melaksanakan tanggung jawabnya dengan kesadaran penuh dan tingkat produktifitas yang sangat tinggi.

4. Fungsi Pengendalian

Pengendalian adalah upaya untuk memastikan semua kegiatan yang dijalankan bisa berjalan dengan semestinya, sesuai dengan tahap dan target yang telah ditetapkan walaupun ada beberapa perubahan perubahan minor yang bisa terjadi didalam lingkungan yang dihadapi.

Jenis Jenis Manajemen

Ada banyak jenis manajemen yang ada pada sebuah organisasi atau perusahaan. Namun jenis manajemen akan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan itu sendiri. Lain perusahaan, lain kebutuhannya.

Perusahaan kecil beda dengan perusahaan besar. Perusahaan dagang beda dengan perusahaan jasa. Bahkan perusahaan sejenispun, kebutuhannya beda. Karena dapurnya beda. Orangnya beda. Cara mengelolanya: beda.

Contoh jenis jenis manajemen yang biasanya hampir selalu dibutuhkan dalam sebuah perusahaan antara lain:

  • Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM)
  • Manajemen Operasional
  • Manajemen Pemasaran
  • Manajemen Keuangan

Perusahaan kecil, belum tentu butuh manajer SDM. Perusahaan jasa belum tentu butuh manajer operasional. Setiap perusahaan, isinya beda.

Baca juga: Pengertian Fungsi Pengawasan dalam Manajemen

Bahkan ada yang merangkap. Manajer SDM juga sebagai manajer pemasaran atau keuangan. Beda tempat: beda perlakuan.

Untuk detail masing masing telah saya posting, silahakan klik pada masing masing jenis manajemen di tulisan diatas. Semoga tulisan pengertian manajemen ini bermanfaat untuk anda.

Related Articles