Home / Tips dan Trik / Cari Tahu Perbedaan Paraf dan Tanda Tangan Yuk!

Cari Tahu Perbedaan Paraf dan Tanda Tangan Yuk!

by Rodadunia
perbedaan paraf dan tanda tangan

Cari Tahu Perbedaan Paraf dan Tanda Tangan Yuk! – Paraf dan tanda tangan kini menjadi dua hal yang sampai dengan saat ini sulit untuk dibedakan. Bahkan sampai dengan saat ini masih banyak dari kalangan masyarakat yang tidak bisa membedakan antara paraf dan tanda tangan. 

Ketika diperhatikan secara serius paraf dan tanda tangan ini mempunyai perbedaan di dalam beberapa segi. Beberapa segi yang menjadi perbedaan paraf dan tanda tangan adalah pengertian, bentuk dan fungsi. 

Pada kesempatan kali ini akan dibahas secara tuntas mengenai perbedaan paraf dan tanda tangan. Sedangkan untuk anda yang ingin tahu lebih banyak dan jelasnya bisa langsung saja simak lebih lengkapnya di bawah ini. 

Macam-Macam Perbedaan Paraf dan Tanda Tangan 

Seperti yang sudah di sebutkan di atas bahwa sampai sekarang masih banyak kalangan masyarakat tidak bisa membedakan antara paraf dan tanda tangan. Supaya tidak terus menerus salah, maka bisa simak perbedaan paraf dan tanda tangan sebagai berikut:

  1. Dalam Segi Pengertian 

Perbedaan paraf dan tanda tangan yang paling utama bisa dilihat di dalam segi pengertian terlebih dahulu. Setelah mengerti dan memahami di dalam segi pengertian, anda bisa melanjutkan ke beberapa perbedaan lainnya.

Untuk pengertian tanda tangan adalah salah satu tanda atau lambang nama yang dapat dituliskan oleh tangan orang tersebut. Bahkan dengan mempunyai tanda tangan ini bisa dijadikan sebagai tanda pribadi. 

Baca juga: Contoh Tanda Tangan Simple dan Mudah Sesuai Dengan Abjad

Sedangkan untuk pengertian paraf adalah salah satu tulisan yang bentuknya lebih pendek. Bisa jadi untuk paraf ini dibuat dengan bentuk seperti satu garis berdiri maupun tidur saja. 

  1. Berdasarkan Bentuknya 

Perbedaan paraf dan tanda tangan yang kedua bisa dilihat dalam segi bentuknya. Tentunya untuk perbedaan paraf dan tanda tangan kali ini sudah sangat terlihat jelas. 

Pada saat anda membuat tanda tangan pasti hasil akhir yang diberikan adalah panjang dan cenderung lebih rumit. Dengan bentuk yang rumit ini justru memberikan satu manfaat yang positif. 

Untuk manfaat yang didapatkan adalah tanda tangan tidak mudah untuk ditiru. Tidak dipungkiri ketika tanda tangan mudah ditiru pastinya akan merasa kesal atau jengkel. 

Baca juga: Wajib Tahu, 3 Cara Membuat Tanda Tangan Dokter

Berbeda dengan bentuk paraf. Ketika anda membuat paraf pastinya mempunyai bentuk yang lebih pendek dan simple. Dibandingkan dengan tanda tangan pastinya untuk bentuk saraf berbeda sangat jauh. 

  1. Berdasarkan Fungsinya 

Ketika menggunakan tanda tangan mempunyai fungsi untuk bentuk legalitas dari sebuah keperluan dokumen atau sebagainya. Ketika sudah menggunakan tanda tangan tandanya untuk dokumen tersebut mempunyai sifat secara resmi. 

Seperti yang sudah disebutkan di sebelumnya bahwa anda diminta untuk membuat tanda tangan yang rumit. Dengan pembuatan tanda tangan yang rumit ini membuat orang lain tidak bisa meniru. 

Tanda tangan mempunyai fungsi yang sangat krusial dan vital. Berbeda lagi dengan paraf hanya mempunyai fungsi sebagai tanda identitas dan sifatnya tidak resmi. Selain itu, paraf juga biasanya digunakan untuk penanda diri bahwa sudah membaca suatu dokumen. 

Baca juga: Cara Menambah Tanda Tangan di PDF Dengan Mudah dan Simple

Perbedaan paraf dan tanda tangan ini paling kelihatan di bagian bentuk dan fungsinya. Untuk anda yang ingin melihat kedua perbedaan tersebut dapat dibuktikan ketika sedang mengurus pembukaan rekening baru di bank. 

Pada saat di bank pastinya anda akan diminta untuk memberikan tanda tangan dan juga paraf. Dengan adanya dua kolom tersebut anda diminta untuk mengisikan dengan bentuk berbeda. 

Nah, itu dia penjelasan mengenai perbedaan paraf dan tanda tangan. Dengan harapan setelah penjelasan di atas membuat kalangan masyarakat bisa membedakan antara paraf dan juga tanda tangan. 

Related Articles