Cara Membuat Umpan Ikan Wader di Sungai

umpan ikan wader

Cara Membuat Umpan Ikan Wader di Sungai – Mungkin sudah tidak asing lagi kalau mendengar kata ikan wader, ikan mungil yang tergolong dalam keluarga Cyprinidae ini banayak sekali kita jumpai di sungai. Selain di indonesia ikan ini juga dapat kita temukan di perairan Filipina dan Indocina. Saat masih kecil ikan ini memiliki dua bintik kasar yang berada di pangkal sirip dan di tengah batang ekor. Bintik ini akan menghilang dengan sendirinya seiring berjalanya waktu.

Ikan wader memiliki ukuran yang kecil kalau kita bandingkan dengan ikan air tawar lainya. Ikan ini umumnya hidup bergerombol jadi akan lebih mudah dipancing dengan berbagai jenis umpan. Walaupun ikanya tergolong kecil namun ketika dimasak dagingnya akan terasa lezat dan gurih serta bisa dimasak dengan berbagai jenis makanan sesuai selera.

Umumnya ikan wader berkisar antara dua sampai empat ibu jari. Ikan wader yang hidup dirawa dan danau akan memiliki ukuran yang lebih besar dari ikan wader yang ada disungai. Di alam liar ikan ini sangat cepat berkembang biak sehingga ketersediaan untuk para pemancing sangat melimpah. Ikan wader juga mempunyai daya adaptasi yang tinggi dan cepat menyesuaikan dengan lingkungan baru.

Di alam liar ikan wader besifat omnivora (pemakan segala) tak heran jika sobat memancing wader dengan berbagai jenis umpan pun pasti akan mudah disambar. Berikut ini akan admin bagikan umpan ikan wader yang ampu, silahkan disimak:

1. Umpan Ikan Wader dengan Tahu

Untuk cara penggunaanya sangatlah simpel, tinggal potong tahu kecil-kecil setelah itu tinggal dikaitkan ke mata pancing. Alangkah baiknya tahu dijemur terlebih dahulu sebelum di potong kecil-kecil supaya tidak hancur saat terkena air nantinya. Lebih bagus lagi kalau kamu menggunakan tahu yang masih baru yang baru keluar dari pabriknya karena masih memiliki bau kedelai yang menyengat.

2. Umpan Ikan Wader dengan Lumut Basah

Lumut yang bisa digunakan adalah jenis lumut yang halus dengan warna hijau gelap, yang dapat kita temui di bebatuan, sungai dan sawah. Tambahkan vanilli atau garam agar lumut menjadi lebih lentur dan mempunyai bau yang menyengat sehingga dapat menarik perhatian ikan wader.

3. Umpan Ikan Wader dengan Pelet

Umpan ini cocok kita gunakan diperairan yang tenang misalnya seperti waduk atau danau. Cara menggunakannya tumbuk pelet sampai habis lalu campurkan air secukupnya sampai terbentuk adonan yang kenyal agar nantinya tidak mudah hancur saat terkena air.

4. Umpan Ikan Wader dengan Kroto

Kroto merupakan umpan ikan wader yang ampuh karena mempunyai bau yang sangat kas yang disukai oleh ikan wader ini.

5. Umpan Ikan Wader dengan Roti Crackers

Roti ini bisa kita beli diwarung-warung dengan harga Rp.500 saja per satu bungkus. Cara pembuatanya beli beberapa bungkus (secukupnya) lalu campur denga air setelah itu remas-remas hingga terbentuk adonan yang kenyal. Untuk hasil yang maksimal tambahkan bawang putih, garam, blueband, masako, terasi udang, dan esen agar membuat bau yang menyengat.

Selain yang saya sebutkan diatas tadi masih banyak lagi umpan yang bisa dipakai seperti cacing merah, laron, tempe, dll. Ikan wader adalah ikan yang rakus serta ikan yang mudah lapar jadi pakai umpan apapun pasti akan disambar oleh ikan ini. Usahakan memakai senar yang tipis saja karena untuk mendapatkan ikan ini kita membutuhkan kail yang berukuran kecil.

Mungkin hanya itu yang dapat saya tuliskan tentang Cara Membuat Umpan Ikan Wader di Sungai, Semoga dapat menjadi manfaat buat para sobat mancing sekalian. Salam Strike..

Baca juga umpan jitu lainya

Pencarian tentang umpan ikan

  • umpan mancing
  • umpan ikan
  • ikan wader
  • umpan ikan wader yg ampuh
  • umpan ikan sungai
  • umpan ikan wader di sungai
  • umpan mancing ikan
  • umpan ikan wader di sungai
  • umpan mancing ikan di sungai
  • umpan ikan sungai paling ampuh

Loading...